Malam Jum’at di daerah Indonesiaku…,

Bagi semua pekerja kantoran hari jumat adalah hari yang sudah mendekati libur/istirahat, nunggu sabtu dan minggu..paling tidak berbagai angan-angan sudah terekam dibenak masing-masing. Lainnya halnya untuk para pedagang pasar, semua hari bagi mereka sama saja paling-paling bulan tua yang para pedagang merubah strategi jualnya.

Hari Jumat untuk umat muslim, adalah hari bergegasnya menuju kemasjid meninggalkan segala rutinitas yang ada. Di Indonesia terutama didaerah-daerah (sebagian pelosok kampung) kalau malam jumat kebanyakan di kaitkan dengan hal-hal aneh, yang gak masuk akal..seperti malam jumat kliwon, malam satu suro, malam khusus yasinan (yg ini sih bagus), malam pengajian (ini juga bagus)..pokoknya malam jumat itu malam penuh kesakralan (bagi kaum muslimin yg ada di  daerah – daerah  Indonesia).  Dan  itu  sudah  berlangsung  sejak zaman  masuknya  islam  pertama  kali  ke  bumi Indonesia, cuman yang ga ngenakin malam jumat sering dijadikan para ortu kita sebagai senjata untuk nakut-nakutin anak-anaknya….”awas ini malam jumat, banyak setan, kuntilanak, pocong, genderowo ..bergentayangan..” Duh .!! bikin bulu kuduk berdiri..( kasihan para ortu kita ini..mereka juga korban dari ortu-ortu mereka sendiri..yang sebagian masih saja dilestarikan)..padahal salah besar..!

Menciptakan sebuah ketakutan yang tak mendasar membuat para anak jadi ngambang kepercayaan terhadap dirinya sendiri..dan itu tanpa disadari telah menempel pada pola pikir si anak bahwa sesuatu yang namanya hantu bisa menghancurkan semua ego, jati diri si anak..! jangan pernah lagi , jangan. Setahuku di negara arab sana, terutama tempat lahirnya agama Islam, para nabi..yang namanya malam Jumat adalah malam yang sangat meriah, malam pesta perkawinan, malam para pedagang melariskan jualannya..malam bersenang-senang, tidak ada kamusnya kalau malam jumat itu penuh kesakralan..lain didaerah Indonesia (pelosok/kecamatan/kabupaten) kalau sudah malam jumat tiba, warung, toko sesudah sholat magrib..semuanya sudah pada uring-uringan pengen cepat-cepat tutup toko/warung..hwalah..aneh ? coba lihat di kota-kota besar (Indonesia juga) yang namanya ‘mal-mal’ (pusat belanja terpadu dari yang wah sampai setengah wah) tetap saja buka hingga pukul 10 malam..malam jum'at..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: