Relief Mendulang intan..

mendulang intan,

Ini hanya sebuah relief yang dikerjakan oleh salah satu perelief/pelukis yang pernah terkenal di era tahun 70 an, beliau adalah pak Budhi.S  orang jogya asli dan berkacamata tebal, rambut lurus berbadan sedang type orang jawa kebanyakan. Untuk karya karya beliau yang saya ketahui diantaranya Patung selamat datang yang ada di jalan A.Yani persisnya didepan airport Syamsudin Banjarbaru, juga patung selamat datang yang ada di simpang empat kota Banjarbaru (sudah dibongkar..entah kapan). Beliau juga pernah membantu pematung lainnya, bapak Didiek Suardi saat membuat patung ‘selamat datang di bundaran HI Jakarta}..ya betul, kayanya beliau ini spesial pematung selamat datang.ngaran beliau en pren

Kurang lebih 37 tahun yang lalu Om Budhi dan kawan2 diundang oeh ortuku utk membuat relief bernuansa kota Banjarbaru terutama yang lebih spesifik lagi, orang sedang mencari intan yang saat itu masih berlimpah ruah dibumi ‘Cempaka’ Banjarbaru. Om Budhi saat itu masih bleng sama daerah cempaka, akhirnya di ajak ortuku langsung ke lokasi pendulangan cempaka..ngeliat langsung. Om Budhi dan teman2 terkesan, corat coret sebentar ..ok , kita sanggup kata beliau..besoknya segala bahan telah disiapkan ortuku..(yang saat itu semuanya mudah terjangkau terutama untuk harga material). Dua hari kemudian mulailah mereka mengerjakan segala sesuatunya yang dibantu oleh teman2 beliau. Pulang sekolah aku ikut nimbrung ngaduk2 semen..”mau belajar yaa..?” kata om Budhi sambil tersenyum..”sini om ajarin bikin daunnya..kata om Budhi”..hmm..aku terkagum kagum oleh tangan mereka yang menari nari di tembok rumahku..

Di hari yang ke empat pahatan relief orang sedang mendulang selesai..Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada om Budhi dan kawan2..kami bangga lukisan relief tersebut bukan rekayasa, tapi sebuah karya nyata dilapangan, paling tidak relief tersebut sudah mewakili akan terkenalnya “daerah pendulangan intan cempaka” yang sudah dikenal dipenjuru dunia..

Waktu berlalu…Om Budhi sekarang dimana?..apa sudah sudah dipanggil Tuhan YME..aku tidak tahu..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: