Topi untuk Hadikar….,

Posted in Uncategorized with tags , on Agustus 3, 2009 by cozyrira89

Tak ada salahnya dicoba dulu, itupun setelah pemikiran daur ulang yang dipertimbangkan secara matang, dibolak balik ya tetap bundar juga..begitulah yang terlintas dibenak temanku lima belas tahun yang lalu.  Melihat hampir semua teman sekolah merantau ke ibukota entah untuk sekolah, ikut orang tua yang pindah, pengaruh propaganda para orang terkemuka atau apapun istilahnya..Hadikar (hadi kartini) temanku akhirnya berangkat juga ke ibukota dengan berijazah menengah pertama doang..satu tujuan ke tempat om atau tante yang sudah lama ngendon di betawi sono. Perkara dibukain pintu atau disuruh cuci piring, ngga masalah, yang penting kuhirup udara ibukota senikmat  mungkin, walau itu kata orang udara terkotor se Indonesia..

Hadikar sudah jadi orang betawi (jakarta) dengan bla..bla yang tidak usah dikutip atau sadur kembali, cukuplah dikembangkan sendiri masing-masing. Naluri bisnis sang ayah ternyata sudah mengalir dari darah Hadikar sejak dari orok..suatu kebetulan tinggal didaerah yang banyak tukang jahit, tukang sablon, tukang korden..semua yang menyangkut dunia per kainan..cuman satu yang belum ada, ‘topi’..ya topi untuk segala acara, cuaca dan lainnya. Apalagi kalau topi tersebut bergambar bordiran (apapun) pasti mantap ujar Hadikar…ide demikian muncul saat motor vespanya kehabisan bensin persis didepan tukang jahit yang kurang lebih 150 meter dari rumah om nya.

Hari berikutnya Vespa biru mudanya sudah jadi Rupiah yang siap berubah menjadi topi bordir bergambar apapun asal lagi tren dan disuka, pikiran yang di jitu-jituin, sedikit angkuh tapi yakin bin nekat..ach ngga papa, kucoba dulu sambil mengelus dagunya sendiri.  Tangan tuhan telah mengelus kepala Hadikar dengan sejuta makna keberuntungan..dua tempat toko topi Tanah Abang pusat segala grosir adalah langganan terpercaya bagi si Hadikar..ambil barang bayar belakangan sudah rutinitas untuk kedua belah pihak, ngga masalah win-win solution artinya.

Lupa harinya, ada acara exspo/pameran tahunan di balai sidang senayan, Hadikar nekat ikut berkecimpung partisipasi pada satu tempat kecil/corner/outlet/counter..apapun namanya plus diangkut juga tukang bordirnya sekalian dua orang yang memakai mesin baru gres dari toko walau itu masih separo bayar..percaya aja deh kata Hadikar..

ngga disangka ngga dinyana..laku keras bak kacang rebus, orang pada antri pengen topi bordir kesukaan diri, kesukaan perusahaan dan lainnya yang penuh kesukaan..Tiga hari tiga malam sepuluh juta rupiah bersih bingung mau ditaruh dimana kata Hadikar..Syukur tak terhingga kepada Yang Diatas meluruhkan air mata hadikar yang jatuh menetes dicelana dan sepatu Hadikar…Alhamdulillah , kata sakti mandraguna yang tiada duanya…amiiieen.

Ceritaku lagi ga enak badan…,

Posted in Uncategorized on Agustus 2, 2009 by cozyrira89

Dua hari kemaren kondisi badan biasa aja..peredaran darah terasa lancar, konsentrasi tetap terfokus ke anak nomer tiga yg kata dokter ada gejala typhus (sedikit)..nah, sekarang ..sejak tadi siang nelan rada susah kaya ada biji salak nyangkut, badan terasa panas dingin..persendian ga enak..menggenggam jari -jari tangan ga enak juga..hidung kadang terasa kesumbat..pokoknya serba ngga enak..Sekita ingat Tuhan (harusnya setiap saat)..mohon ampun, kapok ngga mau kaya gini, pengen sehat kembali..eitt tunggu dulu..dirasa-rasain dulu suasana ngga enaknya..cari solusinya pake obat apa ngga..? setahuku sih banyak-banyak aja minum air putih (jangan yang pake es)..kalo tahan, ditambahin obat anti biotik yang ringan saja dulu..atau teh jahe anget…lha ini kok tau aja solusinya..ya harus tau dong, kan yang ngerasain diriku sendiri jelasnya aku tau sekali seluruh tubuhku ini (bagian luarnya saja sih)..nah kalo jiwaku sendiri..? ya tau juga, tapi cuman 50 %..sisanya hanya Tuhan yang tau..(kita kan sering merencanakan sesuatu, sudah ngerasa yakin eh detik itu juga Tuhan merubahnya) makanya jangan macam-macam sama sang Monitor jiwa..Kadangkala kesombongan muncul mendadak tanpa kompromi sama jiwa ini..(ini sih sudah di stel setan) sepuluh detik kemudian baru nyadar..duh sombong banget gue..biarin ga ada yang tau ini (setan lagi ngebisikin)..untuk aku sendiri yang nulis ini diusahaken jangan sampai muncul si bos sombong hatiku ini…harus ingatlah ..kan aku juga yang nulis..

Mulut terasa kering nelan liur sendiri rada ngganjel..duh mulai lagi ga enak badannya..cepat ambil air minum, sekalian makan sop nasi (kebetulan lagi ada)..berenti nulisnya usahakan berlahap makan (kalo bisa, kalo ga ya pelan-pelan nelannya) yuuk kita makan..Bismillah.

Malam Jum’at di daerah Indonesiaku…,

Posted in Uncategorized with tags , , on Juli 30, 2009 by cozyrira89

Bagi semua pekerja kantoran hari jumat adalah hari yang sudah mendekati libur/istirahat, nunggu sabtu dan minggu..paling tidak berbagai angan-angan sudah terekam dibenak masing-masing. Lainnya halnya untuk para pedagang pasar, semua hari bagi mereka sama saja paling-paling bulan tua yang para pedagang merubah strategi jualnya.

Hari Jumat untuk umat muslim, adalah hari bergegasnya menuju kemasjid meninggalkan segala rutinitas yang ada. Di Indonesia terutama didaerah-daerah (sebagian pelosok kampung) kalau malam jumat kebanyakan di kaitkan dengan hal-hal aneh, yang gak masuk akal..seperti malam jumat kliwon, malam satu suro, malam khusus yasinan (yg ini sih bagus), malam pengajian (ini juga bagus)..pokoknya malam jumat itu malam penuh kesakralan (bagi kaum muslimin yg ada di  daerah – daerah  Indonesia).  Dan  itu  sudah  berlangsung  sejak zaman  masuknya  islam  pertama  kali  ke  bumi Indonesia, cuman yang ga ngenakin malam jumat sering dijadikan para ortu kita sebagai senjata untuk nakut-nakutin anak-anaknya….”awas ini malam jumat, banyak setan, kuntilanak, pocong, genderowo ..bergentayangan..” Duh .!! bikin bulu kuduk berdiri..( kasihan para ortu kita ini..mereka juga korban dari ortu-ortu mereka sendiri..yang sebagian masih saja dilestarikan)..padahal salah besar..!

Menciptakan sebuah ketakutan yang tak mendasar membuat para anak jadi ngambang kepercayaan terhadap dirinya sendiri..dan itu tanpa disadari telah menempel pada pola pikir si anak bahwa sesuatu yang namanya hantu bisa menghancurkan semua ego, jati diri si anak..! jangan pernah lagi , jangan. Setahuku di negara arab sana, terutama tempat lahirnya agama Islam, para nabi..yang namanya malam Jumat adalah malam yang sangat meriah, malam pesta perkawinan, malam para pedagang melariskan jualannya..malam bersenang-senang, tidak ada kamusnya kalau malam jumat itu penuh kesakralan..lain didaerah Indonesia (pelosok/kecamatan/kabupaten) kalau sudah malam jumat tiba, warung, toko sesudah sholat magrib..semuanya sudah pada uring-uringan pengen cepat-cepat tutup toko/warung..hwalah..aneh ? coba lihat di kota-kota besar (Indonesia juga) yang namanya ‘mal-mal’ (pusat belanja terpadu dari yang wah sampai setengah wah) tetap saja buka hingga pukul 10 malam..malam jum'at..

Panggil aku, Abdi…

Posted in Uncategorized on Juli 13, 2009 by cozyrira89

my name Abdi..Yang penting halal jangan pernah ngutang apalagi meminta-minta..itulah yang terucap dari mulut Abdi. Banyak sudah getirnya hidup kulalui dengan rasa seadanya mengunci rapat keluhan jiwa yang rasa-rasanya tidak ada yang mendengarnya juga, ach biarin ucap Abdi sambil tersenyum. Dulu masa remajaku hanya ikan liar disungai yang menjadi barometer hidupku, yaah..cuman itu kebisaanku untuk urusan mancing ikan..tak tercetus sedikitpun untuk acara lainnya, hanya ikan-ikan yang kadang ada kadang tidak disekitar rumahku berlandasan rawa yang berair tawar dan hitam (sungai ber gambut).  Rasa bosan, manusiawi..kurubah hidupku,  ada modal seadanya kulangkahkan kaki menuju arah satu titik, jual poster dan stiker..kucoba dengan seribu doa.

Waktu sudah muter ngga keitung..pada tempat yang itu-itu juga, daganganku melebar kesamping sekian sentimeter (pastinya 1/2 meter saja). Adanya keharmonisan sang pemilik tempat, rasa kekeluargaan bangsa timur dan dipenuhi aroma relijius, keakrabanlah yang muncul dan gratis lokasi untuk si Abdi..Alhamdulillah..

Lima belas tahun bukan waktu yang pendek, dua anak sudah meramaikan keluarga Abdi dengan plong..berjalan lancar diiringi sunggingan senyum cantiknya sang istri yang setia luar dalam. Tekad bulat untuk melestarikan usaha dagang menerjang rintangan hidup luluh redup oleh senyuman Abdi, Hanya Tuhan yang mengelus hidupku, teriring do’a setiap saat untuk pemilik tempat yang sudah mendahului Abdi..amiin.

” KE “………!! dan ….”FLU”…..!!

Posted in Uncategorized with tags , on April 26, 2009 by cozyrira89

Dunia semakin tua namun manusia tidak pernah memikirkannya, setiap detik selalu ada saja polemik kehidupan yang tidak pernah tuntas, keserakahan, kemunafikan, kebencian, kesusahan, kebanggaan, kerusakan pokoknya semua yang berbau “KE” selalu ada dibumi ini.

Apalagi sekarang sedang mewabah yang namanya FLU, flu hongkong (dulu), flu singapura, flu burung..dan sekarang yang mengerikan FLU BABI…aduh apa lagi ini? kata media, flu tsb berasal dari MEKSIKO..masyarakat di sana sudah terimbas gejala flu babi sekitar 1000 orang, yang meninggal ± 100 orang..

Apa ini kerjaan negara adidaya lagi kah? yang ngga pernah bosan menciptakan ‘senjata kimia baru’ selalu uji coba, takut ditelingkungi negara lain..takut keduluan dalam hal ‘penemuan baru’..

Meksiko salah satu negara miskin yg telah terlibat hutang dengan IMF..menjadi kewajaran untuk dijadikan kelinci percobaan kasus Flu Babi…(maaf hanya penerawangan saya saja, abaikan, ga pa2 ko).

Relief Mendulang intan..

Posted in Uncategorized with tags , , , , on Maret 17, 2009 by cozyrira89

mendulang intan,

Ini hanya sebuah relief yang dikerjakan oleh salah satu perelief/pelukis yang pernah terkenal di era tahun 70 an, beliau adalah pak Budhi.S  orang jogya asli dan berkacamata tebal, rambut lurus berbadan sedang type orang jawa kebanyakan. Untuk karya karya beliau yang saya ketahui diantaranya Patung selamat datang yang ada di jalan A.Yani persisnya didepan airport Syamsudin Banjarbaru, juga patung selamat datang yang ada di simpang empat kota Banjarbaru (sudah dibongkar..entah kapan). Beliau juga pernah membantu pematung lainnya, bapak Didiek Suardi saat membuat patung ‘selamat datang di bundaran HI Jakarta}..ya betul, kayanya beliau ini spesial pematung selamat datang.ngaran beliau en pren

Kurang lebih 37 tahun yang lalu Om Budhi dan kawan2 diundang oeh ortuku utk membuat relief bernuansa kota Banjarbaru terutama yang lebih spesifik lagi, orang sedang mencari intan yang saat itu masih berlimpah ruah dibumi ‘Cempaka’ Banjarbaru. Om Budhi saat itu masih bleng sama daerah cempaka, akhirnya di ajak ortuku langsung ke lokasi pendulangan cempaka..ngeliat langsung. Om Budhi dan teman2 terkesan, corat coret sebentar ..ok , kita sanggup kata beliau..besoknya segala bahan telah disiapkan ortuku..(yang saat itu semuanya mudah terjangkau terutama untuk harga material). Dua hari kemudian mulailah mereka mengerjakan segala sesuatunya yang dibantu oleh teman2 beliau. Pulang sekolah aku ikut nimbrung ngaduk2 semen..”mau belajar yaa..?” kata om Budhi sambil tersenyum..”sini om ajarin bikin daunnya..kata om Budhi”..hmm..aku terkagum kagum oleh tangan mereka yang menari nari di tembok rumahku..

Di hari yang ke empat pahatan relief orang sedang mendulang selesai..Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada om Budhi dan kawan2..kami bangga lukisan relief tersebut bukan rekayasa, tapi sebuah karya nyata dilapangan, paling tidak relief tersebut sudah mewakili akan terkenalnya “daerah pendulangan intan cempaka” yang sudah dikenal dipenjuru dunia..

Waktu berlalu…Om Budhi sekarang dimana?..apa sudah sudah dipanggil Tuhan YME..aku tidak tahu..

Pasar Bauntung, Banjarbaru ku..

Posted in Uncategorized with tags , , on Maret 16, 2009 by cozyrira89

pasar bauntung banjarbaru 1

Pasar ini tercipta sejak tahun 60 an..inilah pasar satu satunya yang ada di kota banjarbaru, dulu didalam pasar tersebut ada sebuah bioskop yang menurutku merupakan ‘hall’ yang besar sekali, bisa menampung sekitar 500 penonton..bioskop tanpa iklan..kalau sudah dirasa cukup penontonnya langsung..ngejreng.eng ing eng maen dah tu filem..bubar filem..pasar Banjarbaru sudah sepi..wong malem sekali ya blank tuh si pasar (rata2 tutup sekitar pukul 8.30 malam). Kondisi pasar saat itu memakai gaya tradisional saja..(just emperan)..kebanyakan dimonopoli oleh para penjahit pakaian..untuk sayur mayur, sandang pangan masih sedikit sekali. Untuk pasar ikannya juga belum terstruktur dengan baik.maklum kebanyakan pedagang ikan berasal dari kota Martapura saja (Banjarbaru kan ngga ada sungainya..gitulah kira2. Ada satu keanehan (menurutku sich,) di pasar Banjarbaru itu..hingga kini belum pernah terlihat ‘pedagang keturunan tionghoa’..kenapa ya..padahal dimana ada pasar, pasti ada satu atau dua orang pedagang keturunan etnis tersebut..achh..mungkin menurut mereka hokinya kurang nggereget kali yaa?..nah sekarang aku denger2 mau ada adipura II..semoga pasar banjarbaru bisa berubah dengan baik dan tertata mengikuti site plan yang profesional dan bersih.pasar bauntung2